728x90 AdSpace

  • Latest News

    Powered by Blogger.

    Random Post

    Monday, March 26, 2018

    Lahan 1000 Hektar di Kalimantan Utara

    PROKAL.CO, TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian Bulungan akan melakukan percobaan pada lahan 400 hektare (ha) sebagai upaya optimalisasi kawasan Delta Kayan Food Estate (Dekafe) seluas 1.000 ha pada 2019 mendatang untuk mewujudkan kawasan pertanian pangan terpadu berbasis agroindustri.
    Dikatakan Kepala Dinas Pertanian Bulungan, Achmad Yani, dalam program tersebut nantinya ada 1.000 ha dari 50 ribu ha lahan di kawasan Dekafe yang akan dioptimalisasi. Lokasi yang difokuskan pada kawasan Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah.
    “Jadi, dari empat lokasi food estate yang ada, Tanjung Buka akan difokuskan, ada seribu hektare nantinya akan dioptimalisasi, produknya nanti adalah beras,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (25/3).
    Untuk itu, kata dia, dalam tahap awal atau percobaan, pihaknya berencana akan menggarap lahan seluas 400 ha pada lahan yang ada di wilayah Desa Sajau, Kecamatan Tanjung Palas Timur dengan melibatkan para kelompok tani yang ada di wilayah tersebut. Untuk aksi dari program tersebut, dirinya memperkirakan pada September mendatang sudah mulai berjalan.
    “Sehingga awal 2019 sudah bisa panen, untuk rencana 400 hektare ini bibitnya sudah tersedia,” sebutnya.
    Mengapa Sajau, ia katakan, karena di wilayah tersebut sudah siap, seperti cetak sawah, irigasi, jalan usaha tani serta mesin pengering. H
    anya melengkapi dengan mesin penggilingan saja. “Sehingga tidak harus dari awal, sebab percobaan,” sebutnya.
    Lanjut dikatakannya, pola yang akan diambil dalam rencana tersebut ialah melakukan tanam secara bersamaan, sehingga panen juga bisa dilakukan secara bersamaan. Tidak terjadi overlapping pada proses panen.
    “Untuk itu dalam waktu dekat kami ingin bertemu terlebih dahulu dengan kelompok tani yang ada, untuk menyamakan presepsi, sehingga tanam serempak bisa dilaksanakan,” sebutnya.
    Disinggung mengenai beras apa yang akan dihasilkan nantinya dalam rencana tersebut, dikatakannya, ialah padi dengan varietas unggul nasional, yaitu beras Inpari. Dari survey, beras luar yang banyak masuk ke Bulungan ialah beras dengan varietas tersebut.
    “Untuk itu dengan hasil produksi kita nantinya, bisa menyaingi harga beras luar itu dan mudah-mudah beras produksi kita juga bisa lebih murah, sehingga bisa menekan harga yang ada dan konsumen khususnya warga Bulungan bisa beralih kepada hasil produksi kita,” sebutnya.
    Disinggung mengenai produksi yang bisa dihasilkan dari 400 ha itu, dirinya memperkirakan dengan hitungan kasar empat ton per hectare, maka ada 1.600 ton yang bisa dihasilkan. “Tinggal bagaimana nanti arah pemasarannya,” ujarnya.
    Disinggung mengenai keyakinan akan berhasilnya program tersebut, dirinya mengatakan, berhasil 100 persen kemungkinan tidak. Namun dirinya yakin bahwa sekira 90 persen dapat diraih. Asal semua pihak yang dilibatkan nantinya mau bekerja sama. “Di luar dari yang 400 hektare, bibitnya juga akan kita siapkan. Anggarannya bisa dari APBN, bisa juga dari APBD, sebab kita juga menganggarkan, tidak ada masalah,” pungkasnya. (sny/eza)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lahan 1000 Hektar di Kalimantan Utara Rating: 5 Reviewed By: Jazari Abdul Hamid

    Popular Posts

    Scroll to Top